Tips Mengolah Daging Kambing Supaya Tidak Alot

catering aqiqah pekanbaru

Daging kambing memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Mulai dari protein, lemak, zat besi, fosfor, selenium, omega-3, dan masih banyak lainnya. Bagi sebagian orang, mengonsumsi daging kambing membuat mereka menjadi kelebihan kolesterol. Harus dipahami terlebih dahulu, jika mengonsumsi olahan daging kambing dalam jumlah banyak. Tentu akan membuat kolesterol menjadi naik. Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika sesuatu hal yang berlebihan itu tidak baik. Oleh karena itulah, dalam mengonsumsi daging kambing ini tentunya harus sesuai porsi saja. Olahan daging kambing paling umum ditemukan ketika perayaan Idul Adha dan aqiqah anak. Namun olahan daging kambing ini pun juga bisa ditemui sehari-hari untuk dijadikan makan siang atau makan malam.

6 Cara Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Alot

Jika Anda tertarik untuk mengolah daging kambing, pastinya akan sedikit kebingungan. Memasak daging kambing bukan hal sulit, namun bagian tersulitnya adalah membuat daging tidak bau prengus dan membuat empuk. Bayangkan jika Anda memakan olahan daging kambing, namun tekstur dagingnya alot. Selain itu juga masih bau prengus. Bukannya membuat makan menjadi lahap, tetapi malah membuat hilang selera. Tentunya sudah banyak yang tahu jika tekstur daging dan aroma dari daging kambing berbeda dengan daging sapi atau daging lainnya. Daging kambing mempunyai bau prengus yang menusuk, dari segi daging pun cukup keras. Tetapi jika diolah dengan benar, daging kambing bisa menjadi empuk dan aromanya berkurang.

Nah berikut ini terdapat beberapa tips untuk mengolah daging kambing supaya menjadi empuk.

  1. Jangan Mencuci Daging Kambing

Untuk beberapa jenis daging memang dianjurkan supaya tidak dicuci terlebih dahulu. Salah satunya adalah daging kambing. Daging kambing yang dicuci malah akan membuat bakteri penyebab bau prengus menjadi semakin menyebar. Oleh sebab itulah ketika ingin mengolah daging kambing tidak dianjurkan untuk mencuci terlebih dahulu. Jika ingin membuang kotoran pada daging, bisa langsung direbus sampai mendidih dan buang airnya. Dengan begitu kotoran pada daging kambing akan terbuang bersama dengan rebusan air.

  1. Marinasi

Ingin mengolah daging kambing menjadi steak? Tapi kan steak haruslah dari daging yang empuk. Nah untuk membuat daging kambing menjadi empuk ketika dibuat steak. Maka perlu dimasak dengan menggunakan sedikit bumbu rendaman atau marinasi. Anda bisa merendam daging kambing dengan menggunakan bahan asam. Misalnya menggunakan air lemon, cuka, atau buttermilk. Bahan-bahan ini tidak hanya akan menambah rasa, tetapi juga bisa membuat lunak. Untuk perendamannya bisa antara 30 menit sampai dua jam.

  1. Menggunakan Buah Nanas

Siapa yang tidak mengenal buah nanas? Buah segar berwarna kuning ini sejak dulu bisa dipakai untuk menghilangkan aroma prengus dari daging kambing. Di sisi lain, buah nanas juga bisa membantu membuat daging kambing menjadi empuk. Nanas sendiri mengandung enzim bromelain yang bisa membantu daging empuk dan lembut. Ambil sepotong buah nanas matang, parut dan ambil sari buah. Kemudian balurkan pada potongan daging kambing yang mentah. Selanjutnya diamkan beberapa menit dan daging kambing bisa dimasak.

  1. Membuang Lapisan Lemak

Lapisan lemak pada daging kambing menjadi bagian yang banyak menyimpan aroma tajam. Untuk lebih simpel menghilangkan bau dan membuat empuk adalah dengan membuang lapisan lemak tersebut. Cara mudah untuk menghilangkan lemak adalah dengan memasukkan ke dalam freezer supaya sedikit beku. Setelahnya keluarkan dari freezer, nantinya akan ada banyak lemak yang mengeras dan bisa disayat dengan mudah tentunya.

  1. Dikukus Dahulu

Cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat daging kambing menjadi empuk dan aroma prengus berkurang adalah dengan mengukus. Sebelum diolah menjadi sate atau menu olahan lain bisa dikukus selama 30 – 60 menit. Setelah dingin atau setengah dingin, nantinya daging kambing ini siap dimasak menjadi olahan apa saja.

  1. Dipotong Tipis

Supaya olahan daging kambing menjadi lebih empuk dan cepat matang maka bisa dipotong tipis-tipis. Daging kambing yang dipotong dengan ukuran besar dan tebal malah akan membuat sulit empuk.

Rekomendasi Menu Olahan Daging Kambing yang Bisa Dicoba

Apabila Anda merasa kesulitan untuk mengolah daging kambing menjadi apa. Berikut ini ada beberapa rekomendasi menu olahan daging kambing yang bisa dicoba.

  1. Sate

Merupakan olahan daging kambing yang kelezatannya sudah terkenal sampai luar negeri. Untuk membuatnya menjadi sate, daging kambing dipotong-potong menjadi dadu dan direndam bumbu khusus. Jika sudah dilakukan marinasi, selanjutnya potongan daging ini ditusuk menggunakan bilah bambu. Kemudian dibakar diatas bara api. Sate ini bisa disajikan dengan bumbu kacang atau bumbu kecap. Olahan daging kambing ini bisa dinikmati untuk makan siang atau untuk tamu yang datang ke rumah.

  1. Tongseng

Salah satu olahan daging kambing ini pun populer di Indonesia. Tongseng ini banyak disajikan ketika Idul Adha atau Aqiqah anak. Cara mengolahnya menggunakan daging sapi sampai tengkleng atau tulang. Daging kambing dan tengkleng ini dimasak menggunakan santan, kecap dan rempah lainnya. Tongseng ini memiliki cita rasa yang gurih dan rasa manis dan aroma lezat. Biasanya tongseng ditambah dengan potongan kol dan tomat.

  1. Gulai

Selain sate dan tongseng, masih ada olahan lezat lain yang bisa dihasilkan dari daging kambing. Gulai ini cocok untuk orang yang menyukai makanan bersantan. Potongan daging kambing berpadu dengan santan kuning membuat siapa saja tertarik untuk menikmati sepiring gulai dengan lontong atau nasi hangat. Daging kambing yang digunakan untuk membuat gulai biasanya dari tengkleng, kikil dan jeroan. Yang mana semua daging kambing tersebut diolah sampai empuk dan tidak bau prengus.

  1. Tumis Kambing Kecap

Tidak ingin repot menyiapkan olahan daging kambing? Maka menu tumis kambing kecap ini menjadi pilihan alternatif untuk Anda. Cara pembuatannya pun mudah, yakni cukup menumis daging kambing dengan bawang dan cabai sampai harum. Selanjutnya dibubuhkan kecap, lalu dimasak sampai daging empuk. Untuk mendapatkan aroma lebih wangi, maka bisa ditambahkan beberapa bahan lain. Misalnya daun jeruk, serai, dan lengkuas ketika memasaknya. Juga tambahkan daun bawang dan bawang goreng renyah.

  1. Rica-Rica

Bagi Anda yang suka dengan olahan pedas, maka rica-rica kambing bisa menjadi salah satu menu andalan. Daging kambing dan bumbu rica yang pedas ini cocok untuk makan siang. Pembuatannya pun cukup mudah. Yakni cukup mencampurkan bawang, cabe merah, kunyit dan jahe yang di uleg. Selanjutnya ditambahkan potongan daging kambing dan dimasak sampai empuk. Supaya lebih beraroma maka bisa ditambahkan daun jeruk dan serai.

  1. Kari

Dalam mengolah kari kambing ini sendiri pun lebih mudah dibandingkan dengan mengolah sate. Daging kambing dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Kemudian daging tersebut direbus sampai empuk dan dipadukan dengan kuah kari kental. Setelahnya kari kambing sudah siap untuk disajikan bersama dengan nasi hangat.